--> Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Cara mudah memperbesar foto untuk gambar blog di android

Cara memperbesar foto untuk gambar blog di android - Melanjutkan tulisan ngeblog lewat HP beberapa waktu lalu, yang membuat waktu bermain game berkurang walau baru sedikit. Disana saya menuliskan bahwa salah satu tantangannya adalah ketika hendak membuat thumbnail.

Thumbnail postingan itu sama pentingnya dengan tulisan kita. ibarat kata gambar thumbnail merupakan gambaran dari postingan yang kita tulis. sama halnya ketika kita mengakses youtube tentu pertama kali yang kita lihat thumbnailnya baru judulnya.

Oleh karena itu sebisa mungkin thumbnail harus bagus supaya sekali lirik orang langsung tertarik untuk membaca tulisan kita. mungkin kalau pakai komputer bisa dengan mudah edit menggunakan photoshop dan sejenisnya, tapi jika di HP android bagaimana?

Kebetulan beberapa gambar tulisan lama blog ini belum mengikuti standar ukuran gambar yang benar untuk blog ini yaitu 1280x720 pixel dan saya sudah diberitahu google lewat email bahwa hal tersebut menyebabkan error di Google Search console.

Membuat thumbnail blog lewat HP

Kendala yang paling terasa adalah thumbnail blog harus berukuran 1280x720 dengan aspek rasio 16:9 yang mana tidak semua gambar punya ukuran tersebut, apalagi jika gambar tersebut adalah screenshot atau foto pakai kamera HP. jika dipaksakan langsung di upload ke blogger maka hasilnya foto bisa penyot.

Dari situlah saya coba cari di playstore aplikasi resize photo yang ukurannya kecil. Kebetulan kuota internet lagi mepet juga si hehe.dari banyaknya aplikasi yang muncul ketemulah Aplikasi Photo Resizer HD.

Kelebihan Photo Resizer HD:

  • Bisa edit banyak foto sekaligus
  • Fiturnya cukup komplit seperti putar gambar, crop dan flip
  • Bisa langsung kirim foto ke teman tanpa perlu menyimpannya terlebih dulu
  • bisa atur kualitas dan ukuran foto

Cara menggunakan Photo Resizer HD
Kalau sudah download aplikasinya, jalankan dan beri akses untuk membaca penyimpanan kita. di tampilan awal akan seperti ini:

Tap menu Galeri dan pilih photo yang akan dijadikan thumbnail blog, sebagai contoh saya akan mengedit thumbnail postingan Kenapa baterai baru cepat habis yang belum berukuran 1280x720 pixel.

Selanjutnya saya pilih Crop tool - aspek rasio saya pilih 16:9 - tap centang di pojok kanan atas.

Kemudian saya pilih Resize tool - pada image size saya pilih custom - lalu saya ubah ukurannya menjadi 1280 untuk lebarnya dan tingginya otomatis menyesuaikan karena saya beri centang / check list pada keep aspect ratio - tap OK.

Terakhir saya tap icon save di pojok kanan atas untuk menyimpannya. sobat bisa juga langsung menguploadnya ke google photo dengan tap icon share lalu pilih upload ke foto.

Selanjutnya saya hanya perlu upload ke blogger dan ganti gambar yang lama dengan gambar yang baru saja saya buat lewat Photo Resizer HD.

Jika sobat ingin mengubah banyak gambar sekaligus caranya mudah, tinggal seleksi gambar yang hendak di ubah melalui aplikasi galeri atau image browser bawaan HP kemudian pilih sahre them to Photo Resizer HD kemudian seting mau di rotasi, di crop atau diubah ukurannya.

Aplikasi ini sudah di download lebih dari 500 ribu kali dan rata - rata memberi rating 3,9 yang artinya kebanyakan dari mereka puas menggunakan aplikasi Resize photo HD termasuk saya.

Oh iya sampai lupa, aplikasi Photo Resizer HD adalah buatan mp4android, berukuran super kecil yaitu 2,4 Mb dan saat tulisan ini di posting aplikasinya versi 1.1.27. Aplikasi ini bisa di install di HP android versi 2.3.3 ke atas.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar