--> Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Cara terbaik mengatasi kecanduan game online ala Kipudin

Sudah jadi pemandangan biasa dimanapun tempatnya orang pasti main gadget / HP entah itu di tempat nongkrong, saat bertamu ataupun di serambi masjid.

Ada yang sekedar balas chat whatsapp, ada juga yang main game. Sepertinya game jadi teman terbaik setiap saat.

Bukan sedang ngomongin orang, tapi sedang menceritakan kebiasaan saya sendiri. Jika ternyata sobat juga mengalami hal serupa berarti kita kecanduan gadget dan game online.

Kenapa sampai kecanduan? Awal main game Marvel Future Fight tahun 2016 pakai HP Infinix X510, tiap hari main tanpa berhenti dari bangun tidur, lagi makan bahkan saat tidur pun hp masih nyala dan main sendiri ( autoplay dan auto repeat ).

Sampai sekarang tahun 2019 game tersebut masih terinstall dan saya mainkan. Hingga timbullah sebuah kesimpulan sepertinya game terlalu banyak menyita waktu saya.

Padahal saya punya kewajiban untuk terus update artikel blog Kipudin ini.

Tanganku yang tak mau lepas dari HP membuat laptosh ( laptop toshiba ) iri dan andai dia bisa protes mungkin akan bilang "hei bro mapan kau nulis lagi? Jangan biarkan tombol keyboard berdebu."

Tetap nulis tanpa laptop

Sebenarnya alasan kenapa laptop jarang digunakan karena berat dan tas sudah sobek sana sini.

Kalau dipaksakan takutnya malah jebol, laptop rusak dan tambah tak bisa nulis.

Solusi yang paling baik adalah mengurangi kecanduan game dan mengistirahat punggung serta si laptosh dengan menulis konten blog lewat HP. Atau ngeblog lewat HP

Sebelum saya sudah ada dua teman yang lebih dulu menulis lewat gadget yaitu mbak risna admin sukara.com dan mas sufyan admin editblogtema.net.

Peralatan ngeblog lewat HP

Untuk peralatan ngeblog lewat hp sendiri saya menggunakan 4 aplikasi yaitu quick edit, canva, google dokumen dan chrome browser.

Canva
Aplikasi wajib buat bikin thumbnail blog. Karena saya menggunakan template AMP yang mana ukuran thumbnail minimal 800x800 pixel sedangkan kadang gambar untuk thumbnail ada yang lebih kecil ada yang ukurannya diatasnya.

Nah dengan canva ini saya bisa dengan mudah membuat thumbnail dengan ukuran pasti yaitu 1280x720 pixel.

Googe Dokumen
Kemudian aplikasi pengolah kata android yang saya pilih google dokumen karena tampilannya simple, fitur lengkap dan otomatis nyimpen di akun google.

Tak hanya itu dengan Google dokumen saya bisa menghitung jumlah kata dalam tulisan saya yang mana untuk mengikuti standar SEO katanya minim satu artikel terdiri dari lebih 400 kata.

Quick Edit
Karena blog ini pakai tema AMP yang mengharuskan postingannya valid maka urusan edit mengedit saya serahkan ke Quick Edit.

Aplikasi satu ini memudahkan edit html agar valid AMP mulai dari gambar, video pokoknya semua yang berbau html.

Sebenarnya menulisnya bisa di sini langsung tanpa pakai google dokumen tapi sayangnya di quick edit saya tak menemukan fitur penghitung kata.( koreksi jika saya salah ).

Browser
Terakhir tinggal publish tulisan ke bog lewat browser. Kebetulan browser bawaan HP adalah chrome jadi tak perlu repot-repot download di play store.

Di browser ini saya ubah format paragraf yang tadinya pakai tag br untuk ganti baris menjadi tag p melalui paragraph converter.

Hal ini saya lakukan karena menurut mas Adhy suryadi admin Kompiajaib.com tag p akan memudahkan google menyisipkan iklan diantara paragraph.

Kendala ngeblog lewat HP
Banyak hal yang tak bisa dilakukan sekaligus sehingga prosesnya memakan waktu lama.

Yap benar, setelah selesai nulis kemudian ubah ke tag p, lalu sisipkan gambar yang mana harus valid AMP.

Belum lagi proses pembuatab thumbnail yang membutuhkan kesabaran ( menurutku ).

Keuntungan:
Meminimalisir main game dan mengalih fungsikan hp jadi media tulis. Berkat mbak risna dan mas sufyan kini saya mulai memaksimalkan kegunaan HP ke hal yang lebih bermanfaat.

Asyik lebih enteng bawaannya, bisa dimana saja. Jika dibandingkan pakai laptop, HP lebih fleksibel karena ukurannya lebih kecil dan beratnya lebih ringan.

Kini saya tak perlu bawa laptop tiap ke tempat nongkrong, kalau capek main game atau semua misi di game sudah selesai bisa deh browsing browsing cari inspirasi untu bahan konten blog.

Selanjutnya mungkin akan lebih sering update via HP setelah merasakan untuk pertama kalinya membuat postingan lewat HP.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar