--> Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Pengalaman tranfer saldo paypal ke rekening Bank BRI

Akhirnya setelah sekian lama saya berkesempatan untuk melihat dashboard paypal. hampir 4 tahun sejak pertama kali daftar saya tidak buka akun paypal karena beberapa alasan salah satunya tidak ada saldonya. kalau tak salah ingat terakhir coba tarik saldo / dana paypal ke rekening bank.

Dulu sempat kesal karena untuk mencairkan uang yang kita punya potongannya lumayan banyak. padahal di syarat dan ketentuan sudah jelas disebutkan kalau penarikan dana / withdraw gratis bila jumlahnya diatas 1 juta. di satu sisi jadi pengalaman pernah ambil uang dari paypal,, disisi lain jadi tahu kalau ambil saldo paypal sebaiknya saat rate dollar tinggi dan saldo >$100.

Sebenarnya saya tidak ada niatan untuk buka dashboard paypal padahal beberapa kali di email tentang beberapa pembaruan kebijakan, tapi saya abaikan. nah beberapa waktu lalu ada seorang teman pemain Game Marvel Future Fight yang menanyakan di group whatsapp apakah ada yang punya akun paypal. katanya sih dia hendak jual akunnya.

Dia menjual akunnya di group jual beli akun game luar negeri karena memang akun tersebut didapat dari bule juga. kebetulan saya ingat kalau punya paypal tanpa pikir panjang saya bilang saya punya. selanjutnya dia menyampaikan bahwa dia ingin sedikit minta tolong untuk menjadi penerima dana ketika nanti akun gamenya laku.

Selang beberap hari dia japri ( chat pribadi ) atau bahasa kerennya PM / DM minta alamat akun paypalnya, saya kasihkan dan beberapa menit kemudian ada notifikasi bahwa ada dana masuk ke akun paypal saya. buru - buru saya check. saya kaget ketika nominalnya berkurang dari jumlah yang tertera di notifikasi tadi.

Kurang lebih kepotong $15, saya pikir itu jumlah yang lumayan, kalau untuk beli diamond / crystall di Marvel Future FIght bisa dapat 2400 ( paket stash stark ). kemudian langsung saya withdraw / cairkan. butuh waktu 2-4 hari kerja kalau tidak terbentur weekend dan hari libur. kamipun dengan sedikit was-was menunggu kedatangan THR paypal itu.

Siapa sangka ditengah penantian si pembeli komplain dengan akun MFF tadi dan minta refund total. saya sampaikan ke teman saya perihal komplain tadi, karena semua akses sudah diberikan baik itu login facebook ataupun login gmail kata teman saya tidak bisa kalau refund semuanya, selain itu dia juga sudah ada niatan untuk pensi main MFF ( di luar alasan istrinya mau melahirkan ).

Gara - gara komplain tadi proses pencairan gagal, kamipun berdiskusi jawaban apa yang harus berikan supaya dana tersebut tetap bisa untuk lebaran. kebetulan di paypal terdapat opsi mengembalikan setengah atau sebagian. pilihan itu diambil tetapi tidak setengah yang dikembalikan tetapi dikurangi fee / biaya admin tadi. setelah dia setuju ternyata transaksi pengembalian ini juga ada biayanya. jadi si pembeli kena dua kali fee, fee pertama sebagai ganti fee yang dibebankan kepada saya dan fee kedua saat dia menerima refund.

Proses komplain hingga dana kembali memakan waktu 3 hari karena memang systemnya pihak pembeli komplain - di cek oleh paypal baru diteruskan ke penjual, begitu pula saat kami memberi jawaban akan dicek paypal baru kemudian minta persetujuan pembeli.

Dana berhasil masuk, tanpa basa - basi langsung pilih menu withdraw. disinilah jam karet Indonesia ternyata juga berlaku. di email disebutkan bahwa waktu penarikan ke rekening bank lokal antara 2-4 hari tetapi kenyataanya hari ke-8 masih belum masuk, tapi akhirnya di hari ke 10 uang tersebut berhasil mendarat sempurna di rekening. segera saya kabari teman saya dan mengirimkan uangnya lewat transfer ATM ke rekening beliau.

Hikmah
Dari sini saya mendapat pelajaran bahwa ternyata paypal selain sebagai rekening online untuk berbelanja ternyata ada fitur complain dan minta refund yang disertai kolom untuk menuliskan komplain kita kepada penjual sehingga meminimalisir adanya penipuan dalam transaksi jual beli.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar