--> Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Cara mengatasi laptop masuk BIOS terus

Hai sobat kipudin, bolehkah saya bercerita sedikit? Hm.. jadi begini, beberapa waktu lalu ada seorang guru yang meminta tolong untuk memeriksa kerusakan laptop miliknya.

Katanya sih sudah beberapa hari laptopya tidak bisa dinyalakan. Setiap dipencet tombol power selalu muncul tampilan BIOS.

Apakah sobat pernah mengalami hal yang sama? Dulu saya pernah juga dimintai tolong oleh kawan untuk melihat kondisi serupa. saya coba ingat ingat troubleshotingnya lalu coba saya terapkan pada kasus laptop guru saya.

Pertama yang saya lakukan adalah memeriksa apakah masalah ini disebabkan karena harddisk yang tidak terdeteksi sehingga gagal booting.

Saya masuk ke BIOS – Boot Priority – Harddisk BBS Priority

Ternyata harddisk terdeteksi dengan baik. Saya coba booting melalui flashdisk dengan mengatur boot pertama lewat FD ternyata masalah tidak hilang.

Selanjutnya saya coba lepas konektor kabel keyboard ke motherboard.

Langkah ini memang sedikit memakan waktu, pasalnya laptop tersebut tergolong agak jadul yah walaupun belum jadul jadul amat. Kalau tidak salah ingat laptopnya produksi tahun 2011.

Step berikutnya adalah menguji apakah system operasi di penyimpanan masih OK atau tidak. Saya tekan tombol power dan ternyata berhasil masuk windows dan sampai dekstop.

Sampai disini berarti fix, masalah yang muncul tadi ( selalu masuk BIOS ) disebabkan karena keyboard error. Kalau sudah masuk windows, silakan shutdown laptop lewat start – shutdown. Tunggu hingga benar benar mati dan coba pasang keyboard.

Silakan congkel tombol keyboard yang bermasalah.dan tekan tekan ringan, ulangi langkah ini sehingga proses booting lancar sampai masuk dekstop windows.

Apabila tetap tidak ada perubahan, itu tandanya keyboard sudah saatnya di ganti. Saran itupula yang saya sampaikan ke guru saya.

Mungkin sobat sedang mengalami masalah yang sama, silakan coba cek keyboard lewat tutorial tes keyboard laptop. Andaikan memang bermasalah, silakan hubungi saya melalui halaman contact insyaallah saya bisa membantu untuk mencarikan. Ups sekalian promosi ini ya.

Sekian cerita pengalaman tentang service laptop gagal booting alias selalu masuk windows. Masalah ini bisa terjadi pada merk laptop apa saja lho baik itu Asus, Toshiba, Acer dan lain sebagainya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar