--> Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Spesifikasi Minimum Notebook untuk Install Windows 10

Spesifikasi Minimum Notebook untuk Install Windows 10 – Jika sobat membeli Notebook 2 atau 3 tahun yang lalu besar kemungkinan system operasi yang terinstall adalah Windows 7 dan mungkin masih bertahan hingga sekarang.

Menemani hampir semua kegiatan yang berhubungan dengan laptop entah itu mengerjakan tugas kuliah, membuat laporan pekerjaan ataupun aktifitas menonton video kenangan.

Karena sudah cukup terbiasa mengoperasikan windows 7, saat mendengar rumor tentang dukungan windows 7 akan segera dihentikan membuat kita khawatir akan nasib laptop / netbook kita. Khawatir apakah windows 10 (terbaru) sulit dipakai atau tidak hingga kekhawatiran apakah notebook kita kuat atau tidak. Jangan – jangan saat diinstall windows terbaru justru lemot dan muncul banyak masalah.

Misalnya saya punya Netbook Samsung NP-NF208 dan ingin upgrade windows tapi tak tahu apakah laptop saya kuat? Untuk menjawa pertanyaan ini kita hanya perlu mencocokkan spesifikasi minimum windows 10 dengan spesifikasi laptop kita.

Spesifikasi Minimum Windows 10 :

Processor : 1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC
RAM : 1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2 GB for 64-bit
Hard disk space : 16 GB for 32-bit OS or 20 GB for 64-bit OS
Graphics card : DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
Display : 800 x 600

Spesifikasi Samsung NP-NF208 :

Prosesor : Prosesor Intel® ATOM™ N550 (1.50GHz, 667MHz, 2 x 512KB)
RAM : Memori Sistem 2GB (DDR3/2GB x 1)
Hard disk space : HDD: 320 GB (5400 rpm S-ATA)
Graphics card : Shared Memory (Int. Graphic)
Display : Lampu Latar LED 10.1" WSVGA (1024 x 600)

Dari Keterangan diatas, maka sudah dipastikann bahwa Notebook Samsung tersebut bisa diinstall windwos 10. Namun tentu saja softwar yang diinstall sebaiknya tidak terlalu banyak. Cukup software office dan multimedia ringan seperti MS. Office, pemutar video, Browser dan jangan lupa driver lengkap supaya kinerjanya maksimal.

Jujur, saat tulisan ini di publikasikan saya masih menggunakan windows 7 karena alasan kenyamanan. Padahal sudah saatnya beralih ke windows terbaru tapi karena masih belum terbiasa mau tidak mau tetap menggunakan Windows 7 Sp1.

Itulah sedikit informasi tentang apakah laptop saya kuat diinstall window 10 atau tidak. Oh iya, perlu diperhatikan juga kesehatan komponen atau part laptop sebelum install ulang / upgrade windows. Sebab beberapa kali ada orang mengeluhkan windowsnya lemot kemudian di install windows 10 tetap lemot ternyata Harddisknya mengalami bad sector.

You Might Also Like:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar