--> Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Cara mengatasi gagal install windows lewat flashdisk

Hai sobat Kipudin, ceritanya kemarin ada yang minta tolong untuk install ulang windows komputernya dengan harddisk baru. harddisk yang lama sudah tidak terbaca lagi karena sudah banyak bad sectornya. saat komputer dinyalakan saja bunyi tik tik tik.

Jaman now install sudah tidak menggunakan media cd atau dvd melainkan menggunakan flashdisk. saya siapkan tuh flashdisk yang sudah di isi dengan windows 7. saya pilih windows ini karena spesifikasi komputernya sudah agak ketinggalan jaman. ram 1 GB, HDD 250 GB, dan processor dual core.

OS sebelumnya adalah windows XP, saya coba masukkan flashdisk dan masuk bios dengan menekan tombol delete. saya atur boot priority dan harddisk priority ke flashdisk. setting selesai kemudian saya save dan restart.

Kemudian muncul logo motherboard, dan tulisan press any key for boot from USB, saya tekan sembarang tombol eh ternyata malah muncul pesan error a disk read error occurred press ctrl+alt+del to restart , lha kan saya panik. ini harddisk baru dan flashdisk juga lancar untuk install laptop atau pc lain sebelumnya.

Cara mengatasi pc tidak bisa di install windows

Permasalahan kegagalan install windows lewat flashdisk katanya sih bisa disebabkan banyak faktor, mungkin karena corrupt, port USB bermasalah atau kalau dilaptop disebabkan booting tidak bisa lewat USB 3.0.

Oke saya tidak kehabisan akal, di samping CPU yang sedang saya kerjakan ada komputer yang tidak sedang digunakan. Hm.. bagaimana kalau dicoba di install di PC lain? lalu saya lepas HDD yang baru tadi, keburu terpasang sebab tidak tahu kalau ada masalah saat install.

Saya lepas casing, kabel data dan kabel power sata harddisk di PC sebelahnya dan saya pindahkan ke HDD yang baru tadi. tak lupa saya pindahkan juga flashdisknya. oh iya biasanya kalau di laptop keyboard error juga bisa menjadi kendala yang berarti saat install lho.

Saya nyalakan PC, setting bios lagi, restart dan sampai pada petunjuk untuk tekan sembarang tombol untuk boot lewat FD. saya tekan enter eits ternyata mau jalan. oke kita lanjutkan prosesnya apakah lancar atau tidak.

Alhamdulillah sampai akhir tidak terjadi masalah.padahal beberapa teman pernah mengalami pesan required disk driver dan pesan error yang lain. beruntung kali ini saya tidak menemui masalah tersebut. sudah sewajarnya sih, sebab pc yang kita gunakan normal, flashdisk juga normal plus harddisknya baru.

Proses setting awal berikut pemberian username selesai, akhirnya masuk dekstop. sampai disini berarti windows telah berhasil di install.

Proses install selesai, saya coba pindahkan harddisk ke pc sebelumnya. ups ternyata tetap tidak mau masuk dekstop. hanya sampai booting logo windows saja. saya lepas lagi dan pasang di pc yang normal dan bisa masuk windows. sampai disini kemudian saya lakukan beberapa step berikut :
  1. Install aplikasi yang dibutuhkan di pc yang normal dan anti virus.
  2. Tutup semua program atau aplikasi yang berjalan
  3. Hapus user saat ini caranya, start - klik kanan computer - manage - pilih user group - hapus user account dan sisakan guest dan administrator. jika ada dialog box konfirmasi klik yes.
  4. Buka windows explorer dan masuk ke C:\Windows\System32\sysprep buka aplikasi sysprep lalu setting seperti gambar dibawah ini. selanjutnya pilih OK

tunggu hingga komputer shutdown atau mati sendiri. pindahkan harddisk yang sudah berhasil di install tadi ke pc aslinya. nyalakan dan tunggu prosesnya. biasanya kita di minta untuk memilih bahasa, pengaturan tanggal dan beberapa settingan kecil lain. 

Dengan langkah ini harusnya PC bisa hidup dan digunakan dengan normal kembali walau tadi sempat mengalami error bootable flashdisk tidak terbaca. cara ini juga bisa diterapkan untuk laptop yang tidak memiliki port USB. apakah ada laptop macam itu? hihi ada sob, kebetulan saya sendiri.

Kalau sudah sampai dekstop jangan lupa untuk install driver yang dibutuhkan seperti driver chipset, driver VGA, wlan, ehternet dll. sekian sharing kali ini semoga bisa membantu memecahkan masalah sobat yang kebetulan mengalami masalah gagal install windows 7 lewat flashdisk.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar