--> Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Cara meningkatkan sinyal wifi di android

Jika Anda mengalami Wi-Fi Anda menggunakan lebih banyak baterai daripada biasanya, atau Anda selalu tampak terhubung namun internet wifi lemot , Anda mungkin sedang koneksi Wi-Fi yang buruk. Masalah Wi-Fi dapat terjadi di mana saja, dari bangunan berdinding tebal, hingga koneksi jarak jauh atau hanya sinyal Wi-Fi yang buruk. Inilah panduan untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi di  Android Anda.

Ubah  frekuensi Wi-Fi menjadi 5 GHz

Sebagian besar perangkat Android dapat berjalan di pita frekuensi 5 GHz, serta band 2,4 GHz tua. Apa artinya ini? Pada frekuensi yang lebih tinggi, seperti 5 GHz, ada lebih banyak ruang kosong pada spektrum. Ada 23 saluran 20 MHz masing-masing pada frekuensi 5 GHz, yang jauh lebih banyak daripada 14 saluran yang ditawarkan pada 2,4 GHz. Karena saluran tidak tumpang tindih, kemungkinan Anda akan mendapat sinyal yang lebih baik pada Wi-Fi Anda.

Jika router Anda bekerja pada band 5 GHz (router terbaru), kemudian alihkan ponsel Anda ke band itu juga dengan membuka pita frekuensi Settings> Wi-Fi> Advanced> Wi-Fi lalu ketuk Auto . Ini akan memastikan bahwa telepon Anda berjalan pada pita 5 GHz bila memungkinkan.

Keakuratan sinyal Wi-Fi 

Apakah Anda kadang-kadang menemukan diri Anda berkeliaran di sekitar area atau bangunan untuk mencari sinyal yang sempurna, namun temukan bahwa bar Wi-Fi itu tidak cukup akurat? Untuk benar-benar menjepret titik-titik dengan sinyal Wi-Fi terbaik di wilayah Anda, download Wi-Fi Signal Booster, ketuk Manual Boost, lalu perhatikan garis merah saat Anda perlahan-lahan berkeliaran di sekitar area yang mencari sinyal terbaik.

Semakin dekat garis merah (current signal) ke garis kuning (tersedia sinyal), semakin baik. Sentuh Automatic Improvement untuk mendapatkan dorongan cepat namun besar untuk sinyal Wi-Fi Anda.

Block koneksi yang buruk

Di menu Android Settings ada pilihan kecil yang bagus yang memberitahu ponsel Anda untuk menghindari koneksi Wi-Fi yang buruk, yang berarti bahwa saat memindai jaringan yang ada, sebenarnya akan menghindari mencoba terhubung dengan sinyal buruk. Ini akan menghemat banyak dalam hal kekuatan dan frustrasi. Cukup masuk ke Settings> Wi-Fi dan tekan tombol menu overflow lalu Advanced. Di sini Anda akan melihat kotak centang untuk menghindari koneksi yang buruk.

Perbarui wifi atau firmware Anda

Jika Anda menerima update OTA dari operator atau produsen Anda maka ini mungkin tidak berlaku untuk Anda, namun jika Anda menjalankan ROM kustom, Anda mungkin kadang kadang perlu memperbarui radio secara manual di Android Anda. Sebagai contoh, berikut cara memperbarui bootloader dan radio di Nexus 5 . Anda juga harus memastikan bahwa Anda menggunakan Android versi terbaru untuk memastikan kinerja terbaik. Untuk memeriksa ini, buka Pengaturan> Tentang> Pembaruan perangkat lunak .

Periksa apakah kasus telepon Anda memblokir sinyal

Banyak kasus telepon benar-benar membuat sinyal Wi-Fi Anda menjadi lebih buruk, terutama jika mengandung logam, yang sering digunakan untuk perlindungan tambahan atau tendangan. Untuk mengetahui apakah kasus Anda mempengaruhi sinyal Wi-Fi Anda, lakukan tes kecepatan Ookla dengan kasus di atas, kemudian, di tempat yang sama, pasang kembali kasus ini dan lakukan tes lagi. Jika Anda melihat perbedaan saat menggunakan kasus Anda, Anda mungkin ingin melihat alternatifnya.

Pelajari jalur akses Wi-Fi mana yang terbaik

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aplikasi penganalisis Wi-Fi yang menampung tiga fungsi yang berguna. Pertama, menyediakan saluran terbaik untuk digunakan untuk jaringan khusus Anda. Tanpa membahasnya, ini memungkinkan Anda mengoptimalkan jaringan dan berarti Anda tidak perlu menjadi jenius teknis untuk melakukannya.

Kedua, jaringan yang berada di wilayah tersebut memiliki koneksi paling stabil, yang seringkali bukan yang terhubung dengan telepon Anda secara default. Terakhir, ia menawarkan akses mudah ke informasi jaringan seperti alamat IP, gateway jaringan, DNS, dll. Ini tidak penting, namun berguna bagi pengguna listrik.

Letakkan router Anda di tempat yang sempurna

Trik sederhana lainnya yang bisa sangat meningkatkan koneksi Wi-Fi di rumah adalah optimalisasi lokasi router. Seringkali ditempatkan tepat di sebelah stopkontak telepon atau kabel, tapi ini jarang yang terbaik untuk koneksi Anda. Jika Anda dapat memindahkannya, lihat aplikasi pemecah FDTD Wi-Fi yang memungkinkan Anda melihat sekilas bagaimana sinyal router Anda melakukannya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar