--> Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Cara simple memperbarui system android

System android bila jarang diperbarui maka akan usang. Layaknya sebuah komputer atau pc yang perlu maintenance setiap beberapa waktu sekali. Demikian juga dengan android, setiap ada satu masalah atau ketidaknyamanan pengguna dari pihak android akan melakukan perbaikan. Setelah selesai melakukan perbaikan sipengguna akan diberi notifikasi bahwa ada update terbaru untuk system androidnya.

Tidak semua device android mendapat dukungan update dari vendor. Sebagai contoh acer liquid Z4 dia tidak mendapat update system terbaru android. Acer Z160 harus bertabah hati karena hanya bisa menggunakan system android jelly bean. Namun pada device lain ada yang mendapat update kitkat. Nah update terbaru system android adalah android marshmallow.

Cara memperbarui system android

Untuk update android kita butuh koneksi internet. Internet disini berfungsi sebagai media agar device dapat mengambil file update dari servernya. Sebaiknya gunakan koneksi internet yang stabil kalau bisa yang cepat jadi proses download semakin cepat mengingat ukuran file update rata rata diatas 500 MB jika update ke versi android diatasnya. Namun ukuran update bisa jadi lebih kecil jika hanya perbaikan masalah pada system.

Jika koneksi internet sudah tersedia, sekarang check menu settings atau pengaturan kemudian pilih tentang telehone atau about phone. Diatas sendiri ada menu system update. Buka menu tersebut lalu pilih check update.

Apabila dari server pusat memang ada update terbaru maka akan muncul notifikasi bahwa berkas sudah terunduh dan siap install.selanjutnya pilih install, maka ada peringatan bahwa android akan restart kemudian tunggu hingga proses lanjut ke recovery mode.  Sampai disini kita diamkan saja karena update sedang berjalan. Jika update tidak mengalami gagal maka akan otomatis reboot sendiri.

Kemudian muncul pesan peningkatan aplikasi. Dan ini memakan waktu beberapa lama jadi pastikan sebelum melakukan check dan install hasil update baterai diatas 50% untuk mengantisipasi mati di tengah jalan saat update karena baterai habis. Berbicara baterai saya jadi ingat tips agar baterai android tidak boros.

Itulah cara singkat memperbarui system android. Menu system update ini tidak dimiliki semua device, hanya perangkat yang memang didukung update selama beberapa waktu oleh piha vendor.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar